Sekilas Info

Ditjen P2HP Adakan Rateknis Pembinaan Dan Pengembangan Sarpras Pengolahan Hasil Perikanan

Ditjen P2HP - Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan mengadakan kegiatan Rapat Teknis Pembinaan dan Pengembangan Sarana Prasarana Pengolahan Hasil Perikanan yang dilaksanakan pada tanggal 27 Februari - 1 Maret 2013 di Hotel El Cavana Bandung, Provinsi Jawa Barat, acara tersebut diresmikan dan dibuka oleh Direktur Jenderal P2HP Ir. Saut P. Hutagalung M.Sc. Dalam sambutannya, Saut menyatakan untuk mewujudkan program industrialisasi perikanan nasional, persoalan yang mendasar untuk mencapai tataran industrialisasi dibutuhkan perangkat konektivitas dari sisi hulu industri hingga hilir. Salah satu hal yang krusial dalam industrialisasi perikanan yakni perlunya sinergi antara hasil perikanan tangkap maupun hasil perikanan budidaya, kesiapan logistik, hingga pengolahan dan pemasaran hasil perikanan.

 

Ditjen P2HP dalam mengambil Kebijakan industrialisasi yang berkelanjutan diperlukan untuk mendorong keuntungan kompetitif sektor perikanan Indonesia dalam era globalisasi. Sehingga pembangunan perikanan jangan hanya terpaku pada sektor penangkapan dan budidaya, tetapi untuk menuju industrialisasi perikanan, maka sudah saatnya untuk mengembangkan pengolahan hasil perikanan melalui penerapan dan penguasaan teknologi pengolahan.

Kebijakan strategis yang diambil dalam pengembangan sarara prasarana pengolahan hasil perikanan saat ini adalah meningkatkan volume produk olahan di lokasi-lokasi pengembangan dan pembinaan sarana dan prasarana pengolahan hasil perikanan melalui penyediaan dan optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasarana yang telah tersedia. Kebijakan ini mendorong pengembangan industrialisasi perikanan yang merupakan kebijakan strategis dari Bapak Menteri Kelautan dan Perikanan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka perlu adanya kesamaan visi antara Ditjen P2HP, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta semua pihak yang terkait sehingga diharapkan ketiga unsur tersebut dapat berperan aktif sebagai penggerak utama dalam mewujudkan industrialisasi perikanan.¬†Pelaksanaan kegiatan ‚ÄúRapat Teknis Pembinaan dan Pengembangan Sarana Prasarana Pengolahan Hasil Perikanan‚ÄĚ bertujuan untuk:

  1. Mensosialisasikan kepada pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota mengenai pentingnya mengidentifikasi kebutuhan sarana dan prasarana sistem rantai dingin dan pengolahan hasil perikanan dengan memperhatikan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung yang terkait sebelum mengusulkan pengadaan sarana dan prasarana sistem rantai dingin dan pengolahan.
  2. Melakukan monitoring terhadap kesiapan Provinsi/Kabupaten/Kota yang memperoleh alokasi Tugas Pembantuan Tahun Anggaran 2013 untuk pengadaan sarana dan prasarana sistem rantai dingin dan pengolahan hasil perikanan
  3. Mengevaluasi dan menjaga pemanfaatan dan operasionalisasi sarana dan prasarana sistem rantai dingin dan pengolahan hasil perikanan yang telah tersedia secara berkesinambungan.

Dengan telah dilaksanakankanya rapat teknis ini maka akan dapat mewujudkan kesamaan visi dan misi dalam pelaksanaan program di tingkat Pusat dan daerah. Selain itu dengan pertemuan ini, maka progres pelaksanaan pengadaan sarana dan prasarana sistem rantai dingin dan pengolahan di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota yang memperoleh alokasi Tugas Pembantuan Tahun Anggaran 2013 dapat dimonitor dan dievaluasi sehingga output yang dihasilkan dapat dioperasionalkan dan tepat manfaat.







0 Komentar

Komentar Berita

Online: 3|Hits: 73 / 377576

Humas Ditjen P2HP :: Gedung Mina Bahari III, Lt. 14 Jl.Medan Merdeka Timur No.16, Telp.021-3519070 Ext: 6089, 6078 Fax: 021-3500132

Ke Atas